-->

SISTEM KEMUDI SEPEDA MOTOR

pada artikel kali ini guru nusantara akan membahas tentang sistem kemudi sepeda motor. dalam artikel ini juga akan di jabarkan fungsi sistem kemudi, cara memeriksa keruskan sistem kemudi, perbaikan sistem kemudi sepeda motor, dan penyetelan sistem kemudi sepeda motor. semoga dapat berman faat bagi pembaca. mari langsung kita bahas. 

Fungsi dari sistem kemudi yaitu untuk mengendalikan atau mengontrol arah gerak sepeda motor sehingga arah sepeda motor sesuai dengan pengemudi kehendaki. Tenaga yang digunakan untuk mengendalikan arah kendaraan adalah tenaga tangan, yang diteruskan ke roda melalui setang kemudi dan garpu depan (fork). Besar atau kecilnya sudut belok stang ditentukan oleh perputaran jari-jari lingkaran sepeda motor dan pengaruhi oleh sudut kemiringan dari sepeda motor sewaktu menikung. Beberapa istilah penting dalam sistem kemudi :

1)      Caster, Adalah sudut kemiringan poros kemudi, dinyatakan dalam satuan derajat. Dengan menarik garis sejajar pada poros kemudi, maka akan mendapat sudut yang dihitung dari garis mendatar (horisontal).
2)      Trail, merupakan jarak diantara titik potong dari pada garis poros sistem kemudi dengan jalan yang mendatar ke titik tumpu ban depan di atas permukaan jalan.




dari kedua gambar di atas menunjukkan bahwa semakin besar sudut kemiringan casternya, maka trail akan semakin kecil. Caster dan trail harus diperhitungkan secara celiti karena keduanya berhubungan erat terhadap pengaruh kestabilan dari sistem kemudi sepeda motor.

Catatan:
Sudut caster yang kecil, berarti memperpanjang jarak trail. Dalam hal ini, pengendalian sepeda motor terasa nyaman pada jalan yang lurus dengan kecepatan tinggi. Akan tetapi pada kecepatan rendah, pengendalian akan terasa berat dan kurang enak untuk jalan yang berbelok-belok.

Bagian-bagian dari sistem kemudi dapat dilihat pada gambar di bawah ini :




setang kemudi ditambatkan pada penghubung garpu bagian atas dan diikat dengan pengikat setang. Fungsi dari penghubung garpu adalah sebagai penghubung antara kedua buah garpu depan dan poros kemudi objek ini sering juga di sebut dengan kupu-kupu. Sistem kemudi dihubungkan oleh rangka pada bagian kepala rangka. Batang kemudi pada sepeda motor dibedakan menjadi dua jenis, yaitu :

1) Jenis Tubular (Berbentuk Pipa)
Jenis Tubular pada umum digunakan pada sepeda motor dengan suspensi depan tipe teleskopic atau sering disebut juga upside down.

2) Jenis Pressed Steel
Jenis Pressed Steel digunakan pada sepeda motor dengan suspensi depan tipe link. Sebenarnya jenis ini mempunyai susunan bentuk dan fungsi suspensi yang sama dengan jenis tubular, hanya saja jenis bahan pressed steel dibuat dari  pelat baja yang dipress (lempengan) dan dibentuk sebagai penutup lekukan dari batang kemudi, sekaligus sebagai penjepit lampu depan dan speedometer.

untuk mengasah kemampuan silahkan kerjakan soal ini

0 Response to "SISTEM KEMUDI SEPEDA MOTOR"

Post a Comment

TERIMAKASIH SUDAH MEMBERI MASUKAN

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel