SISTEM KEMUDI SEPEDA MOTOR
pada artikel kali ini guru nusantara akan membahas tentang sistem kemudi sepeda motor. dalam artikel ini juga akan di jabarkan fungsi sistem kemudi, cara memeriksa keruskan sistem kemudi, perbaikan sistem kemudi sepeda motor, dan penyetelan sistem kemudi sepeda motor. semoga dapat berman faat bagi pembaca. mari langsung kita bahas.
Fungsi
dari sistem kemudi yaitu untuk mengendalikan atau mengontrol arah gerak sepeda
motor sehingga arah sepeda motor sesuai dengan pengemudi kehendaki. Tenaga yang
digunakan untuk mengendalikan arah kendaraan adalah tenaga tangan, yang
diteruskan ke roda melalui setang kemudi dan garpu depan (fork). Besar atau
kecilnya sudut belok stang ditentukan oleh perputaran jari-jari lingkaran sepeda motor dan pengaruhi oleh sudut kemiringan dari
sepeda motor sewaktu menikung. Beberapa istilah penting dalam sistem kemudi :
1) Caster, Adalah sudut kemiringan poros
kemudi, dinyatakan dalam satuan derajat. Dengan menarik garis sejajar pada
poros kemudi, maka akan mendapat sudut yang dihitung dari garis mendatar
(horisontal).
2) Trail, merupakan jarak diantara titik
potong dari pada garis poros sistem kemudi dengan jalan yang mendatar ke titik tumpu ban depan
di atas permukaan jalan.
Baca Juga
dari
kedua gambar di atas menunjukkan bahwa semakin besar sudut kemiringan
casternya, maka trail akan semakin kecil. Caster dan trail harus diperhitungkan
secara celiti karena keduanya berhubungan erat terhadap pengaruh kestabilan
dari sistem kemudi sepeda motor.
Catatan:
Sudut
caster yang kecil, berarti memperpanjang jarak trail. Dalam hal ini,
pengendalian sepeda motor terasa nyaman pada jalan yang lurus dengan kecepatan
tinggi. Akan tetapi pada kecepatan rendah, pengendalian akan terasa berat dan
kurang enak untuk jalan yang berbelok-belok.
BACA JUGA: Macam-Macam Sistem Rem Sepeda Motor
Bagian-bagian dari sistem kemudi dapat dilihat pada gambar di bawah ini :
setang
kemudi ditambatkan pada penghubung garpu bagian atas dan diikat dengan pengikat
setang. Fungsi dari penghubung garpu adalah sebagai penghubung antara kedua
buah garpu depan dan poros kemudi objek ini sering juga di sebut dengan
kupu-kupu. Sistem kemudi dihubungkan oleh rangka pada bagian kepala rangka. Batang
kemudi pada sepeda motor dibedakan menjadi dua jenis, yaitu :
1)
Jenis Tubular (Berbentuk Pipa)
Jenis Tubular
pada umum digunakan pada sepeda motor dengan suspensi depan tipe teleskopic
atau sering disebut juga upside down.
2)
Jenis Pressed Steel
Jenis
Pressed Steel digunakan pada sepeda motor dengan suspensi depan tipe link.
Sebenarnya jenis ini mempunyai susunan bentuk dan fungsi suspensi yang sama
dengan jenis tubular, hanya saja jenis bahan pressed steel dibuat dari pelat baja yang dipress (lempengan) dan
dibentuk sebagai penutup lekukan dari batang kemudi, sekaligus sebagai penjepit
lampu depan dan speedometer.
untuk mengasah kemampuan silahkan kerjakan soal ini
untuk mengasah kemampuan silahkan kerjakan soal ini
0 Response to "SISTEM KEMUDI SEPEDA MOTOR"
Post a Comment
TERIMAKASIH SUDAH MEMBERI MASUKAN